Penyebab Mimisan

Penyebab MimisanMimisan atau dalam dunia medis dikenal sebagai epistaksisi disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab mimisan bisa diakibatkan karena trauma, selain itu penyebab mimisan pada anak-anak biasanya terjadi akibat adanya suatu kelainan lokal di dalam hidung atau adanya masalah kelainan sistemik. Kelainan lokal yang lain terjadi misalnya adalah akibat kelainan anatomi, kelainan dari pembuluh darah, infeksi lokal, benda asing, tumor, dan juga pengaruh dari lingkungan. Suatu kelainan sistemik yang terjadi penyebab dari mimisan misalnya adalah akibat penyakit kardiovaskular seperti kelainan darah, infeksi sistemik, dan juga terjadinya perubahan pada tekanan atmosfer, kelainan hormonal dan juga kelainan kongenital.

Penyebab Mimisan

Penyebab Mimisan

PENYEBAB MIMISAN

Beberapa penyebab mimisan pendarahan adalah :

  1. Trauma
    Salah satu penyebab dari mimisan adalah akibat dari adanya suatu trauma yang ringan misalnya adalah akibat mengorek hidung, benturan yang terjadi dengan ringan, bersin, dan juga mengeluarkan ingus dengan cara yang terlalu keras atau juga akibat dari trauma yang terjadi dengan sangat hebat misalnya adalah akibat kena pukul, jatuh akibat kecelakaan lalu lintas. Dan selain itu juga bisa disebabkan karena adanya serangan benda asing tajam atau juga akibat trauma pembedahan. Mimisan biasanya sering kali terjadi karena terdapat spina septum yang sangat tajam. Pendarahan yang terjadi pada daerah spina iti sendiri adalah pada mukosa konka.
  2. Kelainan pada pembuluh darah lokal
    Penyebab mimisan pada orang dewasa bisa terjadi akibat adanya suatu kelainan pada pembuluh darah dan seringkali terjadi akibat adanya suatu kelainan kongenital atau juga akibat kelainan bawaan dimana pembuluh darah yang lebih besar, lebih tipis, dan jaringan ikat serta sel-selnya yang lebih sedikit jumlahnya.
  3. Infeksi lokal
    Penyebab mimisan bisa terjadi di dalam hidung yang mengalami infeksi dan sinus paranasal misalnya adalah seperti rinitis atau penyakit sinusitis. Atau bisa juga terjadi suatu infeksi yang lebih spesifik misalnya adalah seperti rinitis jamur, tuberkulosis, lupus, sifilis atau juga akibat penyakit lepra.
  4. Tumor
    Penyakit tumor bisa mengakibatkan pendarahan yang muncul pada hemangioma dan juga karsinoma. Yang biasanya paling sering terjadi adalah dibagian angiofibroma yang menyebabkan terjadinya mimisan.
  5. Penyakit kardiovaskular
    Jenis penyakit kardiovaskular yang biasanya sering menjadi penyebab mimisan adalah hipertensi tekanan darah tinggi dan juga masalah pada kelainan pembuluh darah seperti yang terjadi pada penyakit arteriosklerosis, nefritis kronik, sirosis hepatis atau penyakit diabetes melitus yang mengakibatkan terjadinya mimisan. Epitaksis atau mimisan yang biasanya terjadi pada penyakit darah tinggi atau penyakit hipertensi biasanya seringkali terjadi dengan hebat dan bisa mengakibatkan suatu hal yang sangat fatal.
  6. Kelainan darah
    Kelainan darah yang terjadi akibat mimisan adalah penyakit leukemia, trombositopenia, dan juga macam-macam jenis penyakit anemia dan salah satunya adalah penyakit hemofilia.
  7. Kelainan kongenital
    Kelainan kongenital yang menjadi penyebab dari mimisan adalah teleangiektasis hemoragik herediter.
  8. Infeksi sistemik
    Penykit sistemik yang bisa menyebabkan penyakit mimisan adalah demam beradaqrah, demam tifoid, influenza dan juga morbili yang bisa disertai dengan mimisan.
  9. Perubahan pada cuaca udara dan juga tekanan atmosfer
    Mimisan ringan yang biasanya terjadi disaat seseorang sedang berada di tempat yang sangat dingin atau juga ditempat yang sangat kering. Hal yang sama juga bisa diakibatkan karena adanya zat-zat kimia yang ada di tempat industri yang bisa menyebabkan terjadinya mukosa hidung mengalami kekeringan.
  10. Penyebab mimisan akibat gangguan hormonal
    Gangguan hormonal juga bisa menyebabkan masalah mimisan terjadi. Mimisan bisa terjadi pada wanita hamil dan wanita menipause karena adanya suatu pengaruh dari hormonal.

FAKTOR PENYEBAB LAIN MIMISAN :

  1. Infeksi lokal misalnya vestibulitis, sinusitis
  2. Selaput lendir yang kering pada hidung dan mengalami cedera atau trauma misalnya mengorek hidung, terjatuh, terpukul, adanya benda asing, pembedahan, patah tulang hidung, atau iritasi gas yang merangsang
  3. Penyakit kardiovaskular. Misalnay penyempitan arteri (arterioklerosis) pada hidung, menderita darah tinggi dll
  4. Infeksi sistemik (infeksi meyeluruh) misalanya pada demam berdarah, influenza, thypus
  5. Kelainan darah dan tumor hidung baik jinak maupun ganas. Pada pasien anemia aplastik, leukemia, trombositopenia, hemofilia.
  6. Gangguan endokrin, seperti pada kehamilan, menarche (menstruasi) pertama kali) dan menopause.
  7. Pengaruh lingkungan misalnya perubahan tekanan atmosfir mendadak (seperti pada penerbang dan penyelam), lingkungan udara sangat dingin dll.
  8. Idiopatik biasanya merupakan mimisan yang ringan dan berulang pada anak dan remaja

Cara mengatasi mimisan adalah dengan mencari terlebih dahulu dimana sumber pendarahan, kemudian hentikanlah pendarahan yang terjadi. Mencari tahu mengenai faktor penyebab mimisan untuk mencegah terjadinya mimisan dengan berulang.

 Penyebab Mimisan

 


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Sering Mimisan dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Mimisan and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.