Penyebab Mimisan Tiba-Tiba

Mimisan atau dalam bahasa kedokterannya disebut epitaxis merupakan gejala yang sangat sering dijumpai pada anak-anak. Walau demikian, banyak orangtua yang ketakutan dan bingung bila anaknya mimisan. Mimisan bukan merupakan suatu penyakit  tetapi merupakan gejala dari suatu penyakit. Itu  artinya penyebab mimisan tiba-tiba bisa terjadi karena bermacam sebab dari yang ringan sampai  yang berat. Mimisan merupakan gejala keluarnya darah dari hidung yang dapat terjadi karena kelainan local pada rongga hidung ataupun karena kelainan yang terjadi ditempat lain dari tubuh.  Kelainan local penyebab mimisan tiba-tiba dapat berupa trauma misalnya mengorek hidung, terjatuh , terpukul, benda asing dan hidung dan iritasi gas yang merangsang.

Penyebab Mimisan Tiba-Tiba

Penyebab Mimisan Tiba-Tiba

MENANGANI MIMISAN

Prinsip penanganan penyebab mimisan tiba-tiba ada tiga, yaitu menghentikan pendarahan, mencegah kmplikasi dan mencegah terulangnya mimisan. Untuk pendarahan yang ringan, menghentikan pendarahan dapat dilakukan dengan menetukan kedua  cuping hidung ke tengah selama  beberapa menit. Untuk pendarahan yang hebat dan pengehentian pendarahan dengen menekan cuping hidung gagal, maka pasien perlu segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

PENCEGAHAN MIMISAN

Penyebab mimisan tiba-tiba dapat dicegah dengan cara menghindari benturan atau kebiasaan mengorek-ngorek hidung. Selain itu, hindari menghirup asam sulfat, bensin, ammonia secara terus menerus. Untuk menangani mimisan pada anak, Anda dapat memilih salah satu tindakan dari beberapa alternative dibawah ini :

  • Menghentikan pendarahan tanpa bantuan obat dan alalt. Caranya mendudukan si kecil dengan posisi badan atau kepala agak maju ke depan. Gunakan ibu jari telunjuk menekan dan menutup lubang atau menekan bagian cuping hidung yang lunak. Minta anak bernapas lewat mulut. Lakukan selama 1-2 menit. Kalau belum berh3enti coba ulangi 3-4 kali. Biasanya mimisannya berhenti.
  • Sediakan air steril  dicampur garam lalu tempelkan dengan kapas ke bagian hidup yang berdarah.
  • Ambil daun sirih yang sudah dibersihkan lalu gulung seukuran loubang hidung anak. Selanjutnya sumbatkan daun sirih ke bagian hidung tersebut.
  • Bungkuslah es dengan sapu tangan, lalu tempelkan diantara kening dan hidung. Es yang ditempelkkan dapat memberikan efek mengecilkan pembuluh darah yang kemudian akan mengehentikan pendarahan.

Bila Anda atau anggota keluarga Anda kerap terserang mimisan, coba lakukanlah hal ini untuk menghentikannyaa. Lakukan meramu bahan dengan merebus akar alang-alang sebanyak satu genggam (30 gr). Setelah mendidih dinginkan air rebusan kemudian tuang dalam gelas lalu minum.

Ketika semua cara diatas tidak dapat menghentikan mimisian atau darah yang keluar dari hidung malah bertambah banyak, maka segera bawa anak ke dokter atau UGD  untuk dipasang tampon atau kain dalam hidung untuk menghentikan pendarahan dari hidung agar dokter dapat mengobservasi lebih lanjut penyebab mimisan tiba-tiba dari anak tersebut.

CARA MENGATASI MIMISAN

Cara mengatasi mimisan dengan tiba-tiba adalah memastikan keadaan secara umum seperti memeriksa nadi, pernapasan dan juga tekanan darah normal pasien. Jika mengalami suatu kelainan, maka atasi terlebih dahulu dengan cara memasangkan infus. Jalan napas yang mengalami subatan oleh darah atau juga akibat dari bekuan darah harus terlebih dahulu dihisap dan dibersihkan. Untuk bisa menghentikan darah yang keluar, maka harus terlebih dahulu dicari sumbernya dan paling tidak harus melihat apakah pendarah yang terjadi berasal dari anterior atau posterior. Alat-alat yang dibutuhkan adalah lampu kepala, spekulum hidung dan juga beberapa alat pengisap. Anamnedsis yang dilakukan dengan lengkap bisa sangat membantu untuk menentukan penyebab dari mimisan.

Pasien yang mengalami mimisan atau epitaksis yang diperiksa dengan keadaan posisi duduk, dan membiarkan darah mengalir menuju keluar hidung sehingga bisa dengan mudah dimonitor. Jika keadaan menjadi semakin lemah, maka sebaiknya biarkan pasien setengah duduk atau bisa juga berbaring dengan kepala yang agak tinggi posisinya. Yang harus diperhatikan adalah jangan sampai darah yang mengalir kemudian mengalir menuju ke saluran napas bawah. Pasien anak biasanya harus duduk dipangku, dan badan serta tangan dipeluk, bagian kepalanya harus dipegangi agar bisa lebih tegak dan juga tidak bergerak-gerak.

Terlebih dahulu adalah dengan mencari sumber keluarnya pendarahan untuk membantu membersihkan hidung dari darah dan juga bekuan darah dengan menggunakan alat pengisap. Dan setelah itu menggunakan tampon dengan sementara yakni kapas yang sudah dibasahi terlebih dahulu dengan menggunakan adrenalin 1/5000-1/10.000 dan pantocain atau juga lidocain 2% yang dimasukkan ke dalam hidung untuk membantu menghentikan terjadinya pendarahan dalam mengurangi rasa sakit dan nyeri saat sedang melakukan tindakan penanganan mimisan yang selanjutnya. Kemudian tampon tadi dibiarkan selama kurang lebih 10-15 menit. Dan setelah melakukan vasokonstriksi biasanya akan bisa terlihat apakah pendarahan tersebut berasal dari bagian anterior atau juga posterior hidung.

 Penyebab Mimisan Tiba-Tiba


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Sering Mimisan dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Mimisan and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>