Penyebab Mimisan Pada Ibu Hamil

Beberapa wanita mengeluhkan hidungnya yang terasa penuh atau mimisan yang sering terjadi selama kehamilan. Beberapa peneliti menganggap bahwa gejala-gejala ini terjadi karena perubahan pada peredaran darah akibat perubahan hormon selama kehamilan.

Keadaan ini dapat menyebakan membran mukosa dari hidung dan saluran pernapasan membengkak dan mudah berdarah. Jangan mencoba memakia berbagai obat-obatan untuk meredakan hal ini, seperti dekongestan dan semprotan hidung. Beberapa di antaranya merupakan kombinasi dari beberapa obat-obatan dan tidak dianjurkan pemakaiannya selama kehamilan.

Alat pelembab udara bisa membantu terutama di negera barat di mana pemakaian pemanas pada bulan-bulan musim dingin membuat udara menjadi kering. Beberapa wanita merasa keadaan membaik bila mereka menaikan asupan cairan dan memakai pelumas ringan seperti jeli petroluem.

Tindakan pertolongan yang lain adalah menunggu sampai bayi anda lahir sehingga anda dapat bernapas kembali secara normal melalui hidung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>