Pengobatan Alami Mimisan

Pengobatan Alami Mimisan – Mimisan atau dalam bahasa kedokteran biasa disebut epistaksis adalah satu keadaan pendarahan dari hidung yang keluar melalui lubang hidung. Pendarahan hidung terjadi akibat lepasnya lapisan mukosa hidung yang mengandung banyak pembuluh darah kecil. Secara umum, mimisan terjadi akibat pembuluh darah yang pecah di daerah hidung bagian tengah, namanya pleksus kieselbach. Pembuluh darah ini merupakan anyaman jaringan pembuluh darah yang sangat halus dan tipis.

Pengobatan Alami Mimisan

Pengobatan Alami Mimisan

Mimisan yang kerap terjadi pada anak, biasanya tidak berbahaya selama anak masih terlihat sehat, aktif bergerak dan tidak disertai gejala demam.

PENYEBAB MIMISAN PADA ANAK

Penyebab Mimisan Pada Anak

Anak-anak lebih sering mengalami mimisan daripada orang dewasa. Penyebab mimisan pada anak biasanya karena daya tahan tubuh mereka lebih lemah daripada orang dewasa. Berikut ini hal-hal yang menjadi penyebab mimisan pada anak :

1. Faktor Organik

Ditandai kelainan organ bawaan sejak usia dini. Bisa berupa kelemahan pada organ hidungnya atau pembuluh darah hidung. Contohnya, pembuluh darah hidung yang terlalu lebar, terlalu tipis atau rapuh. Dengan begitu, ketika aktivitas anak berlebihan, terkena iritas atau mengalami stres sangat mudah mengalami mimisan

2. Faktor Gangguan Medik

Penyebab mimisan terjadi karena adanya gangguan pembekuan darah. Sel darah merah atau trombosit akan segera bereaksi menutup luka ketika tubuh mengalami luka. Setelah luka berhasil ditutup maka trombosit secara otomatis terlibat dalam pembekuan darah. Mimisan karena faktor penyebab mimisan medik ini, disebabkan pembuluh darah dan trombosit gagal berfungsi menutup luka. Berarti, gagal dalam pemeliharaan pembuluh darah.

OBAT ALAMI MIMISAN

Pengobatan Alami Mimisan

1. Pengobatan Alami Mimisan Pertama

Bahan-Bahan :

– 5 siung bawang putih

Pengobatan Alami Mimisan dan cara Pemakaian :

– Bawang putih dicuci bersih
– Kemudian di tumbuk sampai halus
– Lalu tempelkan pada lubang hidung yang mengalami mimisan

2. Cara Kedua

Bahan-Bahan :

– 150 gram jagung

Cara Pemakaian :

– Jagung dicuci sampai bersih
– Kemudian rebus dalam air secukupnya
– Setelah dingin, airnya disaring
– Minum 3 kali sehari

3. Cara Ketiga

Bahan-Bahan :

– 30 gram daun sendok

Cara Pemakaian :

– Cuci bersih daun sendok
– Kemudian tumbuk sampai halus
– Lalu peras dan minum airnya

Selain dengan melakukan pengobatan mimisan secara alami seperti diatas, cara mengatasi mimisan atau menghentikan darah mimisan adalah tergantung darimana sumbernya berasal.

MENGATASI PENDARAHAN MIMISAN

Mengatasi pendarahan atau mimisan anterior atau depan
Pendarahan anterior biasanya seringkali bersumber dari pleksus Kisselbach di dalam septum bagian depan. Dan jika tidak berhenti sendiri, pendarahan dari anterir yang biasanya terjadi pada anak-anak, maka Anda bisa mencoba untuk menghentikannya dengan cara menekan hidung di bagian luar selama kurang lebih 10-15 menit dan biasanya hal ini bisa berhasil. Dan jika sumber pendarahan bisa dilihat, misalnya ditempat asal pendarahan dikaustik dengan menggunakan larutan Nitras Argenti (AgN03) kurang lebih adalah 25-30%. Dan sesudah daerah ini biasanya diberikan krim antibiotik.

Jika dengan melakukan cara menghentikan darah seperti ini namun pendarahan mimisan masih tetap saja terjadi, maka Anda bisa melakukan cara lain dengan melakukan pemasangan tampon anterioir yang terbuat dari bahan kapas atau juga kasa yang terlebih dahulu diberikan pelumas vaselinĀ  atau juga salep antibiotik. Pemakaian dari pelumas ini adalah agar tampin tadi mudah dimasukkan dan tidak akan menimbulkan suatu pendarahan baru saat sedang dimasukkan atau sedang dicabut. Tampon yang dimasukkan adalah sebanyak kurang lebih 2-4 buah, dan kemudian disusun dengan cara yang teratur dan harus mendapatkan penekanan pada sumber pendarahan. Tampon yang dipertahankan selama kurang lebih 2 x 24 ham maka harus dikeluarkan untuk membantu mencegah terjadinya infeksi hidung. Kurang lebih selama 2 hari ini akan dilakukan suatu pemeriksaan penunjang untuk bisa mencari faktor penyebab mimisan. Jika pendarahan masih belum saja berhenti, maka akan dipasang tampon yang baru.

Sedangkan cara mengatasi pendarahan mimisan posterior atau pendarahan belakang biasanya menjadi lebih sulit diatasi. Hal ini sebab karena biasnaya pendarahan yang hebat dan susah untuk dicari sumbernya dari mana dengan melakukan pemeriksaan rinoskopi anterior. Untuk mengatasi pendarahan posterioir maka biasanya dilakukan pemasangan pada tampon posterioir yang disebut dengan tampon Bellocq. Tampon ini biasanya dibuat dari kasa yang padat dan kemudian dibentuk seperti kubus atau dibentuk dengan bulat dengan diameternya kurang lebih adalah 3 cm. Pada tampon ini biasanya terikayt 3 utas benang, 2 buah yang di taruh di satu sisi dan sebuah sisi yang lainnya.

Pengobatan Alami Mimisan


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Sering Mimisan dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Mimisan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *