Komplikasi Mimisan

Komplikasi Mimisan – Mimisan merupakan gejala keluarnya darah dari hidung yang dapat terjadi akibat sebab kelainan lokal pada rongga hidung ataupun karena kelainan yang terjadi di tempat lain dari tubuh. Kelainan lokal dapat berupa trauma misalnya mengorek hidung, terjatuh, terpukul, benda asing di hidung, dan iritasi gas yang merangsang.

Komplikasi Mimisan

Komplikasi Mimisan

PENYEBAB MIMISAN

Penyebab Mimisan adalah :

  • Perubahan cuaca juga dapat menyebabkan mimisan. Prinsipnya sama dengan infeksi, cuaca dingin atau hujan menyebabkan hidung anak mengalami flu serta pembuluh darah di hidung melebar dan tipis. Ketika anak menyeka hidungnya, pembuluh darah ini mudah sekali pecah.
  • Mimisan juga dapat terjadi jika seseorang yang menderita tumor di rongga hidung yaitu angiofibroma. Tumor ini bisa ditemukan pada anak usia muda atau dewasa muda dan seringkali terlihat sebagai benjolan sebesar biji nangka berwarna merah keputihan.
  • Pada keadaan infeksi sistemik seperti demam berdarah anak juga dapat mengalami mimisan, biasanya ini pertanda bahaya pada kasus demam berdarah tersebut dan anak harus mendapatkan perawatan intensif. Pada keadaan demam berdarah mimisan seringkali diikuti perdarahan juga pada organ lain sehingga mimisan karena demam berdarah mudah dibedakan dari mimisan karena sebab lain.

Bahaya atau tidaknya mimisan sangat tergantung dari penyebabnya. Mimisan karena demam berdarah sangat berbahaya karena itu pertanda stadium berat. Jika mimisan karena infeksi di daerah hidung misalnya sinusitis dan sebagainya, tidak terlalu berbahaya dan penatalaksanaannya dengan mengobati infeksinya.

Pada keadaan yang kronis misalnya mimisan yang terlalu sering dan darah yang keluar banyak dapat terjadi komplikasi yang cukup berat antara lain anemia. Anemia jika berlangsung lama dan berat akan mengakibatkan beban kerja jantung bertambah berat dan jantung akan membengkak.

MENGHENTIKAN MIMISAN

Cara Menghentikan Komplikasi Mimisan Pada Anak

Cara menghentikan Komplikasi Mimisan diantaranya adalah :

  • Anak didudukkan pada posisi tegak
  • Kemudian diberikan tekanan pada hidung (dipencet) dengan tujuan mengecilkan pembuluh darah yang pecah (kontriksi) sekaligus mempercepat pembekuan darah di daerah hidung
  • Atau bisa juga dengan pengobatan alami daun sirih getahnya diteteskan ke daerah hidung yang mimisan

Komplikasi Mimisan

Komplikasi Mimisan yang sering terjadi pada penderita dengan mimisan adalah syok dan penyakit anemia. Kedua komplikasi ini terjadi akibat perdarahan yang banyak yang tidak tertanggulangi atau terlambat mendapatkan penanganan. Komplikasi yang lain adalah turunnya tekanan darah akibat dari kehilangan darah yang banyak.

Namun tidak perlu khawatir, menurut para ahli 90 persen mimisan akan berhenti sendiri dengan segera, sedangkan yang 10 persen memerlukan tindakan khusus. Asal tidak terlambat mendapatkan penanganan maka komplikasi yang berat tidak terjadi.

Salah satu penyebab mimisan yang terjadi adalah akibat keturunan dan juga terjadinya perubahan cuaca ekstrim yang bisa mengakibatkan terjadinya mimisan. Penyebab mimisan prinsipnya sama dengan infeksi, cuaca yang dingin atau juga akibat hujan yang bisa mengakibatkan hidung anak mengalami penyakit flu dan juga pembuluh darah dibagian hidung mengalami pelebaran dan tipis. Disaat anak sedang menggosok hidungnya, maka pembuluh darah ini biasanya akan dengan mudah pecah. Namun pada kondisi yang lainnya adalah membahayakan adalah jika Anda mengalami mimisan yang merupakan salah satu gejala dari suatu penyakit.

INDIKASI MIMISAN TERHADAP SUATU PENYAKIT

Ada beberapa alasan atau indikasi mengenai penyebab mimisan merupakan salah satu gejala dari beberapa penyakit. Dan biasanya mimisan itu bisa saja diakibatkan karena penyakit demam berdarah, karena jika mimisan diikuti dengan demam maka hal ini merupakan gejala dari penyakit demam berdarah, jadi Anda harus memperhatikannya dengan lebih seksama. Mimisan juga bisa menjadi salah satu gejala leukemia ajtau penyakit anemia plastik. Hal ini adalah akibat adanya suatu pembekuan darah.

Anda harus lebih berhati-hati jika mengalami pendarahan. Mungkin hal ini merupakan salah satu indikasi dari adanya suatu kelainan pada pembuluh darah misalnya adalah akibat kaki atau tangan yang terbentur sesuatu yang keras dan kemudian berubah menjadi berwarna biru. Jadi sebaiknya perhatikanlah dengan baik mimisan yang terjadi.

Penyebab mimisan biasanya lebih sering terjadi pada anak-anak. Penyebab mimisan pada anak-anak disebabkan karena pembuluh darah di dalam rongga hidung yang lapisannya masih tipis dan masih rapuh sehingga sangat mudah pecah. Untuk anak-anak yang mengalami mimisan biasanya sering terjadi namun akibat karena mengorek hidung atau akibat benda asing yang sengaja dimasukkan oleh anak ke dalam hidung saat sedang bermain sesuatu. Angka kejadian dari mimisan adalah sekitar 15% pada anak-anak, namun hanya sekitar 1% saja yang benar-benar membutuhkan penanganan dokter lebih serius dalam mengatasi masalah pendarahannya.

MENCEGAH MIMISAN

Cara mencegah penyebab mimisan adalah :

  1. Jangan mengorek hidung
  2. Jangan membuang ingus dengan cara keras-keras
  3. Hindarilah asap rokok atau juga beberapa jenis bahan kimia yang bisa merangsang lainnya.
  4. Gunakanlah pelembab ruangan jika cuaca yang terlalu dingin.
  5. Gunakanlah tetes hidung NaCl untuk membantu membasahi hidung
  6. Hindarilah terjadilah benturan pada hidung.

Komplikasi Mimisan


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Sering Mimisan dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Mimisan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>